14 Jul 2011

PENDIDIKAN DAN LATIHAN DASAR KSR XII DIMULAI

foto bareng : Peserta Diklat berfoto bersama Panitia Pelatih dan Pengurus  PMI Kab. Bogor  usai upacara pembukaan 


Semangat Pagiiiii..........................................................
begitulah seruan yang berkumandang di sela barisan tegap para peserta diklat (Pendidikan dan Latihan) KSR angkatan XII yang di ikuti oleh 45 peserta terdiri dari 31 Putra dan 14 Putri dari 18 Kecamatan yang tersebar di Kabupaten Bogor yang dilaksanakan di Buper Cimandala Kabupaten Bogor mulai tanggal 12 sampai 26 Juli 2011


Hari hari peserta akan di penuhi dengan pembekalan dari Fasilitator PMI Kabupaten Bogor , PMI Jawa Barat dan PMI Pusat, dibantu oleh KOPASUS.
Dengan berbagai kegiatan mulai dari olah raga, apel, outbound, pemberian materi dll, peserta dalam 15 hari bermalam di tenda yang mereka buat sendiri dengan pengawasan yang ketat dan kedisiplinan yang dijaga, diharapkan menjadi pembentukan karakter peserta yang lebih tangguh, disiplin dan mandiri, ini akan memberikan gambaran bagaimana peserta akan menjalani tugas mereka setelah pendidikan selesai

hari pertama dimulai dengan upacara pembukaan di Markas PMI Kabupaten Bogor yang dihadiri oleh Peserta Diklat , Panitia, Pelatih, dan Pengurus PMI Kabupaten Bogor dan dibuka secara resmi oleh Ketua PMI Kabupaten Bogor yang diwakili oleh Sekretaris PMI Kabupaten Bogor. setelah upacara pembukaan selesai dilanjutkan dengan pemberangkatan Peserta ke Buper Cimandala, sorak sorai dan lagu pembangkit semangat pun bergema sepanjang perjalanan menuju lokasi, setibanya di lokasi peserta diberikan pengarahan oleh para pelatih tentang apa yang akan di terima oleh para Peserta Diklat.

diawali pengantar pelatihan para peserta pun diajak membuat norma-norma yang akan memberikan ketentuan apa yang boleh dan apa yang tidak boleh dilakukan peserta diklat dengan demikian peserta dan pelatih dapat mematuhi peraturan yang dibuat bersama-sama, selain membuat norma peserta pun diajak memberikan harapan apa yang diinginkan setelah mengikuti pendidikan ini.Peserta juga mengisi KAP, KAP adalah media yang membantu pelatih untuk mengetahui sejauh mana penetahuan peserta ( knowledge) Sikap Peserta (Attitude) dan Keterampilan Peserta (Practice).

Selesai dengan kegiatan pengantar pelatihan disambung dengan olahraga dan makan siang guna membentuk fisik yang prima dilanjut dengan shalat berjamaah guna membentuh rohani yang patuh.

Siang pun berlalu disambut sore yang teduh peserta diajak bermain Outbound guna melatih kepemimpinan, kepercayaan diri dan kerja team, tampak sekali kerja sama yang di bangun perlu sebuah kerja keras dan kepemimpinan yang solid. gelak tawa dan senyum kegembiraan tersirat jelas di wajah peserta dihari pertama ini.

Kegiatan Outbound selesai di lanjutkan dengan pemberian materi pemasangan tenda Regu dan tenda pleton sekaligus membuat hunian bermalam para peserta diklat.

malam hari setelah serangkaian kegiatan siang selesai peserta mendapatkan materi motivasi, komunikasi dan kerja sama yang disampaikan oleh fasilitator. materi ini bertujuan untuk memberikan pemahaman peserta tentang kerja sama dan kepemimpinan yang berkesinambungan dengan kegiatan outbound tadi siang , hal ini diperlukan guna membentuk karakter pemimpin dan team yang solid bagi para peserta diklat

setelah serangkaian kegiatan siang dan malam yang dilalui oleh peserta diklat dihari pertama diakhiri dengan apel penutupan dan pemeriksaan kesehatan. (teguh/biro PUBDOK-Dedi-Foto)


cek terus setiap hari nya di http://catatanrelawan.blogspot.com tuk update kegiatan diklat

galery foto pilihan :

peserta mendapatkan pengarahan dari komandan KSR guna persiapan Diklat esok hari sekaligus doa bersama  guna keselamatan dan berdoa untuk Alm. Dadi Kusmayadi

Prosesi makan pagi sebelum upacara pembukaan , harus tertib dan displin ya....

Penyematan oleh Sekretaris PMI Kabupaten Bogor drs. M. Makmur Rojak

Perjalan menuju Camp Diklatsar

arahan dari Komandan KSR Syarifudin

Peserta dalam pengantar pelatihan 

Olahraga siang ,,, semangat pagi......

makan siang bersama

Kegiatan Outbond , pesrta menyorakan yel-yel regu masing masing

Permainan Lucky luck guna membangun kepemimpinan

permainan Bola tali guna membangun Team work

jangan sampai jatuh , permainan ini membangun self confident

byurrrrrrrr,, bola pantul permainan yang bikin peserta basah kuyup

Permainan estafet sagu, selesai permainan ini wajah dan pakaian peserta kotor semua hehehe

Meriam pantul .... bikin basah brrrrrrr

Peserta membuat tenda regu

Untuk menjadi peserta Diklat harus rapi yang rambutnya panjang harus di potong 

Prosesi makan malam di pimpin Kepala Markas PMI Kabupaten Bogor

Materi Motivasi, Komunikasi dan kerja sama oleh Fasilitator yang juga pengurus PMI Kabupaten bogor


Apel Penutupan menjelang tidur

Cek kesehatan oleh dr. Nurhakim Basuki yang juga menjabat sebagai Pengurus PMI Kabupaten Bogor


Tidak ada komentar: